5 Tips Simple Memilih Ikan Segar


      Selamat sore, pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan sedikit tips cara membedakan ikan yang masih segar atau fresh dengan ikan yang sudah lama, tentu informasi ini akan berguna sekali untuk kalian yang suka dengan makanan Seafood, karena saya juga menyukainya, jujur ikan laut itu enak banget rasanya apalagi jika di sambal pedas, makin enak saja rasanya. Selain rasanya yang lezat makanan laut juga kaya akan Omega 3 dan protein tinggi, maka dari itu ayo makan ikan biar sehat dan cerdas.


      Tapi tahukah kalian bagaimana cara membedakan ikan yang masih segar hasil tankapan langsung dari laut dengan ikan yang sudah diawetkan? Karena akhir-akhir ini marak kasus pengawetan ikan oleh pedagang-pedagang nakal yang tidak bertanggung jawab. Ikan yang masih segar memiliki ciri yang mudah sebenarnya untuk di bedakan dengan ikan yang sudah lama, apa saja cirinya itu? Mari kita bahas bersama.



    1. Jika disentuh keras atau kenyal
        Ikan yang baru turun dari kapal jika kita sentuh bagian dagingnya baik sebelah manapun akan terasa keras, atau kenyal, tidak malah makin masuk ke dalam. Yang perlu diperhatikan disini adalah ketika kita memegang atau mendorong dagingnya masuk kedalam maka akan kembali lagi seperti semula daging yang kita dorong tersebut, sangat beda dengan ikan yang sudah tidak segar maka ketika kita sentuh dan dorong ia akan tetap seperti itu.



    2. Perhatikan mata ikan
        Faktor yang kedua adalah memperhatikan mata dari ikan tersebut, ikan yang masih segar matanya akan menonjol keluar dengan warna mata yang cerah, lain halnya dengan ikan yang sudah lama ia akan mengeluarkan warna mata yang kusam dan keruh dan posisi bola mata yang sudah lurus dengan body ikan ( tidak menonjol keluar )

     3. Perhatikan Warna Insang
         Ikan segar ideal nya memberikan warna merah muda atau orange kemerahan pada insang, urungkan niat anda jika tidak menemukan ciri seperti ini.

     4. Ikan segar akan terapung dalam air
         Coba anda masukan ikan yang akan anda beli ke dalam air, jika terapung maka lanjutkan pembelian anda. 

     5. Perhatikan sisi luarnya
         Coba jalan-jalan kesekeliling tubuh ikan, jika ada yang kurang mulus atau kurang baik silahkan pikir-pikir kembali. 

         Ya itu dia tadi sekelumit tips cara membeli ikan yang masih segar, karena kita tahu membeli makanan yang sudah busuk tentu tidak bagus seperti yang sudah dicanangkan oleh Dinas kesehatan setempat. 

Happy makan-makan ikan

>>> Berkomentar lah yang :

1. Baik
2. Sopan
3. Tidak melecehkan agama, ras, ataupun bangsa.

Komentar yang tidak baik akan admin hapus. Berkomentar lah untuk kemajuan blog ini, laporkan segala macam keluhan anda disini.

Terima Kasih Atas Perhatiannya
EmoticonEmoticon