Cara Menjaga Kesehatan Hard Disk dengan General Checking

      Kesehatan adalah sebuah hal yang utama bagi manusia agar bisa beraktifitas dengan baik. Nah, sama halnya dengan manusia, komputer juga ada tingkat kesehatannya. Hard Disk sebuah komputer mempunyai peran penting bagi komputer seperti jantung bagi manusia. Hard Disk merupakan sebuah komponen penting dalam sebuah komputer yang harus mendapatkan treatment/perlakuan khusus terutama dalam hal penanganan file, bad sector, efisiensi, dan juga kesehatan secara fisik yang meliputi jaminan terhidarnya dari benturan dan terbebas dari debu dan kotoran-kotoran lain yang dapat merusak.
Hard Disk adalah sebuah perangkat keras (hardware) yang sangat rentan sekali dengan berbagai kerusakan, kecerobohan dari user dapat menyebabkan kerusakan yang fatal dan berisiko penggantian dengan Hard Disk baru, selain harganya yang relatif mahal kerusakan pada Hard Disk dapat menyebabkan data-data anda yang ada pada Hard Disk tersebut hilang. Nah, untuk itu ane akan menjelaskan sedikit tentang Cara Menjaga Kesehatan Hard Disk dengan General Checking.
Ada beberapa penyebab utama yang dapat menimbulkan Bad Sector pada Hard Disk yang sulit untuk dihindari, apalagi untuk komputer-komputer dengan jam kerja tinggi seperti game center, warnet, komputer di perkantoran, dan lainnya. Ada juga penyebab bad sector yang lain misalkan mematikan komputer secara paksa karena hang, mati karena listrik mati, virus, penggunaan aplikasi yang tidak aman, dan menutup aplikasi yang sedang berjalan tanpa prosedur yang benar. Kita dapat melakukan perbaikan terhadap bad sector ini dengan fasilitas/fitur yang memang telah disediakan oleh pihak Microsoft. Kita dapat melakukan perbaikan dengan dimulai dariDrive C dimana kita menempatkan system utama dari komputer kita. Untuk drive yang lain misalkan Drive D, E, F, G, dan yang lainnya dapat kita lakukan setelah kita memperbaiki yang ada di Drive C. Oke, kita langsung menuju TKP.

1. Silahkan buka Windows Explorer My Computer, kemudian klik kanan pada Local Disc C dan pilih Properties. Pada jendela Properties silahkan pilih tab Tools dan klik tombol Check Now....

Jendela Properties

2. Setelah anda klik pilihan Check Now... maka akan muncul jendela kecil dimana anda akan diberi 2 pilihan, tapi ane lebih merekomendekasikan anda untuk memilih/mencentang pilihan Scan for and attempt recovery of bad sectors terlebih dahulu. Proses ini berlangsung cukup lama, bisa memakan waktu 1 jam lebih sesuai dengan ukuran partisi Local Disc C anda.

Check Disc C

3. Jika proses perbaikan bad sector ini telah selesai kemudian ulangi kembali langkah yang pertama. Jika tadi anda memilih pilihan yang kedua, maka kali ini anda memilih pilihan yang kedua yaitu Automatically fix file system errors.

Check Disc C

4. Ketika anda klik tombol Start maka system secara otomatis akan meminta anda untuk memberikan penjadwalan untuk scan berikutnya saat komputer anda akan digunakan lagi, klik saja pilihan Schedule disc check, kemudian silahkan restart komputer anda.

Schedule disc check

5. Pada saat restart maka komputer anda akan secara otomatis menjalankan perintah/jadwal perbaikan system error yang sebelumnya anda minta. Tunggu proses ini sampai selesai.


>>> Berkomentar lah yang :

1. Baik
2. Sopan
3. Tidak melecehkan agama, ras, ataupun bangsa.

Komentar yang tidak baik akan admin hapus. Berkomentar lah untuk kemajuan blog ini, laporkan segala macam keluhan anda disini.

Terima Kasih Atas Perhatiannya
EmoticonEmoticon